2577

Pengarang

Detail

2011

Penerbit

Detail

285766

Unique Visitors

DETAIL KATALOG

Judul
PENGARUH FASILITAS PENDIDIKAN DAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK TERHADAP MUTU LULUSAN SISWA SMP KARTIKA I-7 PADANG
Edisi
Genap 2013
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang
0
Klasifikasi
Judul Seri
GMD
Text
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit
0
Tempat Terbit
) AS `publisher_name`,ifnull(`l`.`place_name`,_utf8
Deskripsi Fisik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fasilitas pendidikan berpengaruh terhadap mutu lulusan, apakah kualitas tenaga pendidik berpengaruh terhadap mutu lulusan, dan apakah fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidik secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah 1) diduga fasilitas pendidikan berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang; 2) diduga kualitas tenaga pendidik berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang; 3) diduga fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidik secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan siswa SMPKartika I-7 Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 orang responden yang terdiri dari orang tua siswa dan siswa kelas IX SMP Kartika I-7 Padang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dan menggunakan stratatified random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji kehandalannya. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan beberapa analisa statistic melalui Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 16.0 for Windows. Dalam penelitian ini fasilitas pendidikan (X1) dan kualitas tenaga pendidik (X2) sebagai variabel independen dan Mutu Lulusan (Y) sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini adalah : 1) Dari analisis regresi berganda didapat persamaan Y = 2,567 + 0,343X1 + 0,414X2 , koefisien a = 2,567 menerangkan bahwa jika tidak ada fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidik, maka mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang sebesar 2,567. Nilai b1 = 0,343 menerangkan bahwa setiap penambahan satu satuan, maka fasilitas pendidikan akan meningkatkan mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang sebesar 0,343. Sedangkan nilai b2 = 0,414 menerangkan bahwa setiap penambahan satu satuan, maka kualitas tenaga pendidik akan meningkatkan mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang sebesar 0,414. Tanda positif pada persamaan tersebut menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang searah dari fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidik terhadap mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang; 2) Analisis koefisien korelasi variabel fasilitas pendidikan (X1) sebesar 0,802 dan kualitas tenaga pendidik sebesar 0,873 terhadap mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang lebih besar dari 0,70 dengan signifikasi value masing-masingnya 0,000 < 0,05 ini berarti terdapat hubungan korelasi sangat kuat antara kedua variabel dependen (fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidik) terhadap variabel independen (mutu lulusan); 3) Pada pengujian hipotesis didapat nilai t-test variabel fasilitas pendidikan (X1) sebesar 3,675 > 1,662 (t-tabel) dengan signifikan valuenya 0,000 yang berarti hipotesis pertama (H1) diterima yaitu fasilitas pendidikan berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang. Sedangkan nilai t-test variabel kualitas tenaga pendidik (X2) sebesar 8,019 > 1,662 (t-tabel) dengan signifikan valuenya 0,000 yang berarti hipotesis kedua (H2) diterima yaitu kualitas tenaga pendidik berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang. Selanjutnya didapat nilai f-test sebesar 168,956 > 3,100 (f-tabel) dengan signifikan valuenya 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis ketiga (H3) diterima yaitu fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidik secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang; 4) Implementasi fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidik secara simultan signifikan terhadap mutu lulusan siswa SMP Kartika I-7 Padang. Besarnya pengaruh fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidik mempengaruhi mutu lulusan sebesar 0,789 atau 78,9%. Sedangkan sisanya sebesar 21,1% dipengaruhi oleh faktor di luar fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pendidik yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
Detil Spesifik
Ketersediaan
Gambar Sampul
Photo